mlhmch

KOMPLIKASI PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS (GGK)


ruliartikel

Berbagai komplikasi dapat dialami oleh pasien dengan gagal ginjal kronis, diantaranya adalah anemia, kelainan tulang dan keseimbangan mineral, inflamasi dan dislipidemia.

Pencegahan dan pengelolaan berbagai komplikasi sangat penting pada pasien GGK. Ketidakadekuatan penanganan pasien GGK serta berbagai kondisi yang menyertainya secara komprehensif dapat menurunkan kualitas hidup serta meningkatkan mortalitas pada pasien.




AKSES VASKULER PADA PASIEN HEMODIALISIS

Leonardo gambarHemodialisis (cuci darah) adalah suatu proses mengeluarkan racun dan zat zat lain dari tubuh penderita gagal ginjal dengan bantuan proses hemodialisis yang seharusnya dikeluarkan oleh ginjal  melalui urine.


Untuk mengeluarkan racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dari penderita gagal ginjal membutuhkan suatu akses vaskuler yaitu tempat keluar masuknya darah  dari tubuh ke dialiser (ginjal buatan) dan mesin hemodialisis dan darah yang sudah bersih dikembalikan lagi ke tubuh pasien.
Dengan adanya Akses vaskular memungkinkan darah mengalir dalam jumlah besar dan terus menerus kedalam mesin selama proses hemodialisis berlangsung.




DISRUPSI PADA LAYANAN CUCI DARAH INDONESIA

ajp and renaldRhenald Kasali, Ph.D. adalah guru besar Fakultas Ekonmi dan Bisnis Universitas Indonesia. Dia adalah pelopor pembaruan berpikir dan bertindak yang dibangun dengan kesadaran bahwa manusia adalah seorang transformator. Pada bukunya yang berjudul "Disruption", beliau membahas mengenai Disrupsi pada Layanan Cuci Darah Indonesia yang dilakukan oleh Ir. Andreas Japar, pendiri sekaligus direktur dari PT Masa Lestari Husada dan PT Masa Cipta Husada. 




ASPEK YANG TERLUPAKAN DALAM MANAGEMEN PENYAKIT GINJAL KRONIK
gambarginjaljantung1     
Penyakit kronik adalah penyakit yang berdurasi lama, tidak membaik secara spontan dan jarang sampai mencapai kesembuhan total. Dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dalam kedokteran, banyak pasien penderita penyakit kronik dapat hidup lebih lama , namun apakah pasien-pasien tersebut memiliki kualitas hidup yang baik? 







© 2017 PT Masa Cipta Husada. All rights reserved