Pemahaman tentang Hemodialisis (HD)  

niaDunia seakan runtuh bila seseorang pertama kali mendengar bahwa dia harus melakukan hemodialisis (cuci darah). Saat mendengar penjelasan dari dokter, sebagian besar pasien sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak baik atau kemungkinan besar sedang dirawat di rumah sakit. Tidak hanya pasien, keluarga juga mengalami kebingungan atau terkejut bila mendengar hal ini. Berbagai pertanyaan muncul dalam pikiran mereka, apa itu hemodialisis, mengapa harus hemodialisis, dimana harus hemodialisis, bagaimana caranya, apa yang terjadi bila di hemodialisis, dan masih banyak lagi pertanyaan.   

baca selengkapnya-01-01 

 

Apa Yang Perlu Diketahui dari Infeksi Catheter Double Lumen (CDL)  

niaCuci darah atau hemodialisis adalah suatu terapi pengganti ginjal bagi penderita yang fungsi ginjalnya menurun dan sudah tidak mampu bekerja optimal untuk membuang zat-zat sisa metabolisme tubuh. Proses hemodialsis adalah darah dikeluarkan dari tubuh dengan cara dipompa oleh mesin hemodialisis menuju tabung (ginjal buatan) kemudian darah dimasukkan ke dalam tubuh kembali. Untuk menjalani pengobatan hemodialisis ini dibutuhkan jalan keluar dan masuknya darah yang disebut akses vaskuler. 

baca selengkapnya-01-01

 

 Makanan Sehat Penyakit Ginjal Kronis  

nia Dalam kondisi normal, ginjal berfungsi membuang sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih dari tubuh. Ginjal juga menjaga keseimbangan asam basa, air, garam, dan mineral (natrium, kalsium, fosfor, kalium) dalam darah. Tanpa keseimbangan ini, saraf, otot, dan jaringan lain di tubuh mungkin tidak berfungsi secara normal. Disamping itu, ginjal juga mempunyai fungsi untuk memproduksi hormon yang membantu mengontrol tekanan darah, mengatur pematangan sel darah merah, dan menjaga tulang supaya kuat dan sehat.  

baca selengkapnya-01-01   

 

 Mengenal Penyakit Ginjal Kronis 

niaPenyakit Ginjal Kronik (PGK) atau Chronic Kidney Disease (CKD) merupakan penyakit tidak menular, dimana jumlah penderitanya sudah mencapai 850 juta orang di seluruh dunia. Berarti satu dari sepuluh orang dewasa terdiagnosis PGK. Di Indonesia, PGK yang dahulu dikenal dengan istilah Gagal Ginjal Kronik (GGK), juga mengalami kenaikan jumlah penderita sehingga menempati ranking kedua pembiayaan terbesar dari BPJS setelah penyakit jantung.

baca selengkapnya-01-01

  

Infeksi Saluran Kemih Menjadi Faktor Resiko Penyakit Gingal Kronis?

niaInfeksi saluran kemih (ISK) adalah adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri di daerah saluran kemih baik saluran kemih bagian bawah maupun pada bagian atas. Menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2014 melaporkan angka kejadian ISK mencapai 90-100 orang tiap 100.000 populasi.  

 baca selengkapnya-01-01 

  

 

Batu Saluran Kemih

niaBatu saluran kemih (BSK) atau Urolitiasis adalah batu di saluran kemih yang mencakup ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. BSK merupakan penyakit yang umum terjadi, dimana angka kejadian yang dilaporkan antara 3% - 20% di seluruh dunia, dengan risiko kekambuhan seumur hidup sebesar 50% - 70%. Di Asia, sekitar 1% - 19,1% dari populasi menderita BSK. 

 baca selengkapnya-01-01  

  

Cara Merawat Kesehatan Ginjal

nia

Penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD) merupakan sebuah terminology yang menggambarkan sebuah proses penurunan jumlah nefron secara drastis, ireversibel, dan terus menerus. Menurut National Kidney Foundation, 10% dari populasi dunia mengidap penyakit ginjal kronis dan telah menjadi penyebab kematian nomor 18 di dunia pada tahun 2010.

 baca selengkapnya-01-01

 

 

 Aspek yang Terlupakan Dalam Managemen Penyakit Ginjal Kronik

nia

 Penyakit kronik adalah penyakit yang berdurasi lama, tidak membaik secara spontan dan jarang sampai mencapai kesembuhan total. Dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dalam kedokteran, banyak pasien penderita penyakit kronik dapat hidup lebih lama , namun apakah pasien-pasien tersebut memiliki kualitas hidup yang baik?

 baca selengkapnya-01-01

  

  

Urgensi Kelengkapan Rekam Medis Pada Pelayanan Hemodialisis Untuk Mencegah Tuntutan Malapraktik Medis

ramatestdepanHemodialisis merupakan salah satu pelayanan medis beresiko tinggi yang dapat dilakukan baik pada pasien dengan kondisi stabil (dialisis kronis) maupun kondisi akut. Sebagai pelayanan medik beresiko tinggi, tentu ada banyak kemungkinan bisa terjadi selama terapi dialisis berlangsung.. 

baca selengkapnya-01-01  

 

 Kemudahan Perpanjang Rujukan Pasien BPJS

dirut bpjs Kini pasien cuci darah JKN-KIS dipermudah dalam memperpanjang surat rujukan yang sudah jatuh tempo. Dalam hal ini pasien cuci darah tidak perlu lagi datang ke Faskes tingkat pertama (FKTP) untuk memperpanjang surat rujukannya, 

baca selengkapnya-01-01 

 

PELAYANAN HEMODIALISIS PADA PASIEN TUBERKULOSIS

RESIKO INFEKSI TUBERKULOSIS

Infeksi merupakan penyebab kedua mortalitas pada pasien hemodialisis setelah penyakit kardiovaskuler. Pasien HD terpapar berbagai jenis infeksi termasuk bloodborne infection (HBV, HCV HIV), dan airborne infection (tuberculosis) 

baca selengkapnya-01-01
 
 
Peresmian Klinik Hemodialisis Muslimat NU Cipta Husada 3 Purworejo


pembukaankch3 2Pada tanggal 27 Maret 2019, PT Masa Cipta Husada yang bekerja sama dengan Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU meresmikan Klinik Hemodialisis Muslimat NU 3.

 
 baca selengkapnya-01-01

  

 

Pembukaan Unit Hemodialisis Rumah Sakit Elisabeth Bekasi


Pembukaan Elisabeth5Sejak tahun 2016, kerja sama antara PT Masa Cipta Husada dan RS St. Elisabeth terjalin untuk membangun unit hemodialisa yang akan melayani berbagai tingkatan dan jenis pasien.

Tanggal 31 Juli 2018 BPJS kesehatan memberikan izin untuk bekerja sama setelah Dinas Kesehatan kota Bekasi menyutujui penambahan unit bagi RS St. Elisabeth.
 
baca selengkapnya-01-01

 Kerjasama dengan PT Fresenius Medical Care

Fresenius3

Pada hari Jumat, tanggal 27 April 2018, PT Masa Lestari Husada resmi bekerja sama dengan PT Fresenius Medical Care Indonesia.

baca selengkapnya-01-01


 

 

Disrupsi Layanan Cuci Darah oleh Rhenald Kasali, Ph. D.

rhenald on kch1

Perubahan adalah suatu keharusan. Era “zero to one” sudah berakhir, dan kita bahkan berada pada era gelombang ketiga internet yang bergerak luar biasa cepat, eksponensial, dan sulit dikejar oleh mereka yang mendiamkannya.

Mereka bukan dokter. Bagaimana bisa mendisrupsi layanan kesehatan, lewat klinik yang kini tersebar di 40 titik dan sebentar lagi bisa mencapai 400 di seluruh Indonesia?

baca selengkapnya-01-01
 

 

 

 

Kontak

home-64

Apartemen Gading Mediterania Residence Unit RK-26C

Kelapa Gading, Jakarta Utara, 14240

phone-46-64 (021) 30041050 ( Hunting )

phone-14-64 (021) 30041051 ( Fax )

phone-30-64 08788-487-7502 ( Whatsapp saja)

mail-64

 customercare@dialysiscare.co.id 

mail-64

 karir@dialysiscare.co.id ( Lowongan Pekerjaan )